Pemberian Metode Hukuman D=dan Ganjaran dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Ambon

Tomia, Hasrati (2024) Pemberian Metode Hukuman D=dan Ganjaran dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Adapun permasalahan yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan hukuman dan ganjaran dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon? 2) Bagaimana dampak pemberian metode hukuman dan ganjaran dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon? penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hukuman dan ganjaran dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon serta untuk mengetahui dampak pemberian metode hukuman dan ganjaran dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni metode yang menghasilkan data dari orang-orang yang diteliti. Penelitian ini dilaksankan pada tanggal 8 Januari sampai 8 Februari 2024 di SMP Muhammadiyah Ambon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling, informan penelitian ini 8 orang yaittu satu guru PAI dan 7 siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hukuman yang diterapkan di SMP Muhammadiyah Ambon kelas VIII khususnya pada mata pelaajaran PAI terbagi menjadi 2 yaitu hukuman fisik dan non fisik. Adapun hukuman fisik diantaranya dicubit, dikeluarkan dari dalam kelas, disuruh bersih-bersih ruangan, sedangkan hukuman non fisik meliputi tidak diberi nilai, diceramahi, dimarahi, dinasehati, guru menatap siswa dengan sinis yang menunjukkan guru tidak suka dengan perbuatan siswa tersebut. Begitu pula dengan ganjaran, ganjaran terbagi menjadi 2 yaitu verbal dan nonverbal. Ganjaran verbal diantaranya guru memuji siswa dengan kata-kata bagus sekali jawabannya, tingkatkan lagi prestasimu, jawabannya tetap serta membanggakannya dan memuji siswa didepan teman temanya yang lain. Adapun ganjaran non-verbal diantaranya diberikan uang, diberikan tepuk tangan, selain itu jika ada siswa berhasil menuntaskan tugas hafalan yang diberikan guru maka ia akan diberi nilai seratus dan langsung diperlihatkan kepada siswa tersebut di buku daftar nilai guru. Dalam praktiknya guru lebih mengutamakan hukuman daripada ganjaran dalam hal mendisiplinkan siswa. Sedangkan dampak dari pemberian hukuman kepada siswa ada yang dapat merubah sikapnya menjadi disiplin membuat tugas, mengikuti pelajaran serta mendengarkan arahan guru. Namun ada juga yang tidak berdampak setelah diberikan hukuman siswa tersebut merasa biasa-biasa saja, tidak ada perubahan sikap disiplin yang ia tunjukkan. Sedangkan pemberian ganjaran kepada siswa lebih berdampak bagi kedisiplinan siswa karena siswa senang diberi hadia,penghargaan atau apresiasi dari guru membuat siswa lebih disiplin semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abidin Wakano M. Ag. / Pembimbing II : Andi Rahmat Abidin M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Hukuman Kedisiplina siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:36
Last Modified: 30 Jul 2024 01:36
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4437

Actions (login required)

View Item View Item