Manajemen Kelas Tenaga Pengajar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Ambon dalam Meningkatkan Motivasi Baca Qur’an

Wally, Wa Rosita (2024) Manajemen Kelas Tenaga Pengajar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas Ambon dalam Meningkatkan Motivasi Baca Qur’an. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dalam konteks TPQ, peningkatan motivasi belajar baca Qur’an menjadi hal yang utama. Namun, dalam praktiknya, penerapan manajemen kelas oleh tenaga pengajar di TPQ Al-Ikhlas Ambon masih belum optimal. Hal ini terlihat dari keterbatasan tenaga pengajar dalam mengelola tata tertib kelas yang dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan tenaga pengajar dalam memahami dan merespons beragam karakter santri, kurangnya keterlibatan orang tua santri, serta kesulitan dalam menjaga kedisiplinan santri selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas tenaga pengajar di TPQ Al-Ikhlas Ambon dalam meningkatkan motivasi baca Qur’an santri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisa data menggunakan teknik Milles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data dengan membandingkan kebenaran data yang dilakukan berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen kelas tenaga pengajar pada TPQ Al-Ikhlas Ambon dalam meningkatkan motivasi baca Qur’an santri berfokus pada empat tahap manajemen kelas yaitu: Tahap 1 perencanaan mencakup tenaga pengajar mempersiapkan diri sebelum mengajar, penyesuaian pembelajaran berdasarkan kemampuan santri, dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada santri. Tahap 2 Pengorganisasian yang mencakup optimalisasi waktu pembelajaran dan pembentukan kelas. Tahap 3 Pelaksanaan mencakup adaptasi gaya belajar santri, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, umpan balik positif , dan evaluasi serta pemantauan oleh pimpinan TPQ terhadap tenaga pengajar. Tahap 4 Pengendalian kelas mencakup penetapan aturan kelas, penerapan konsekuensi, dan penanganan konflik. 2) Adapun faktor pendukung manajemen kelas tenaga pengajar dalam meningkatkan motivasi baca Qur’an antara lain: tersedianya sarana dan prasarana, memiliki sumber daya manusia (tenaga pengajar) yang sudah mumpuni dan memiliki kemampuan serta pemahaman mengenai baca Quran, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: kurangnya kesadaran santri untuk mau berubah, masih terdapat kurangnya keterlibatan orang tua untuk memantau proses pembelajaran anak di rumah dan kurangnya disiplin santri terhadap keterbatasan waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Nur Hasanah, M. S. I / Pembimbing II : Habiba Waliulu, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Motivasi Baca Qur’an
Subjects: Al-Qur'an
Al-Qur'an

IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:53
Last Modified: 30 Jul 2024 01:53
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item