Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Semangat Literasi Membaca (Studi Multisitus di SMP NEGERI 38 dan SMP Negeri 4 Maluku Tengah)

Suriani, Siti (2024) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Semangat Literasi Membaca (Studi Multisitus di SMP NEGERI 38 dan SMP Negeri 4 Maluku Tengah). Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SITI SURIANI TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan literasi siswa khususnya dalam kegiatan membaca mata pelajaran PAI. Tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan: (1) strategi pengorganisasian (2) strategi penyampaian (3) strategi pengelolaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan semangat literasi membaca peserta didik di SMP Negeri 38 Maluku Tengah dan SMP Negeri 4 Maluku Tengah (4) Mendeskripsikan hasil startegi pembelajaran PAI dalam meningkatkan semangat literasi membaca peserta didik di SMP Negeri 38 Maluku Tengah dan SMP Negeri 4 Maluku Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif studi kasus yang ada di SMP Negeri 38 dan SMP Negeri 4 Maluku Tengah. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan panduan wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Adapun responden yaitu Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Peserta didik dan Orang tua. Penelitian ini berlangsung kurang lebih 1 bulan lamanya bertempat di 2 Sekolah Menengah Pertama di Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di SMP Negeri 38 maluku Tengah adanya kegiatan literasi membaca diawal kegiatan belajar mengajar, adanya kegiatan pembinaan rohani dan ektrakurikuler PAI. Adapun penyampaian kegiatan pada saat upacara atau apel pagi. Media yang digunakan melalui buku paket. Sedangkan hasil penelitian di SMP Negeri 4 Maluku Tengah menunjukan bahwa adanya pembiasaan membaca Al-Quran di kelas setiap hari jumat serta kegiatan muatan lokal PAI. Penyampaian kegiatan melalui informasi wali kelas, pada saat upacara dan melalui info di pojok baca atau kesepakatan kelas. Pengelolaan dengan memberikan motivasi berupa penghargaan kepada siswa yang rajin ataupun sebaliknya. Faktor pendukung literasi membaca di SMP Negeri 38 dan 4 Maluku Tengah diantaranya terdapat siswa yang gemar membaca sejak kecil dan juga karena dorongan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya minat baca siswa serta kurangnya dorongan orang tua. Hasil strategi pembelajararan PAI dalam meningkatkan literasi membaca berupa adanya kebiasaan siswa dalam melakukan kegiatan literasi membaca serta budaya literasi Membaca di Sekolah yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Samad Umarella, S. Ag., M. Pd. I / Pembimbing II : Dr. Anasufi Banawi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi Membaca, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:33
Last Modified: 07 Aug 2024 00:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4450

Actions (login required)

View Item View Item