Analisis Peran Lingkungan Luar Sekolah Terhadap Minat dan Proses Pembelajaran di SMP Negeri 3 Samang Kec. Pulau-Pulau Aru Kab. Kep Aru

Rumbaru, Nina (2023) Analisis Peran Lingkungan Luar Sekolah Terhadap Minat dan Proses Pembelajaran di SMP Negeri 3 Samang Kec. Pulau-Pulau Aru Kab. Kep Aru. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (966kB)

Abstract

Tujuan penelitian skripsi ini di lakukan adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap minat dan proses pembelajaran siswa di lingkungan luar sekolah yaitu lingkungan keluarga. Observasi awal pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Samang Kab. Kep Aru Kec. Pulau-Pulau Aru. Mendapati bahwa dukungan yang diberikan oleh setiap orang tua kepada seorang siswa memiliiki peran yang sangat baik. Misalnya dukungan dari keluarga yang diberikan kepada siswa adalah memberikan perhatian kepada sekolahnya, memberikan bimbingan jika siswa tersebut tidak patuh pada prinsip-prinsip di sekolah, memberikan fasilitas terhadap kebutuhan sekolahnya, memusatkan perhatian pada cara belajarnya, fokus pada jaringan teman mereka, dll. Guna menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini, maka perlu peneliti tuliskan poin-poin pertanyaan, di antaranya adalah Bagaimana peran keluarga dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Samang Kab. Kep Aru Kec. Pulau-Pulau Aru, dan Apakah lingkungan keluarga mempengaruhi proses pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Samang Kab. Kep Aru Kec. Pulau-Pulau Aru. Dalam penulisan skripsi ini, penggunaan metodologi penelitian digolongkan dalam beberapa klasifikasi, di antaranya adalah jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Sedangkan data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisa data yang digunakan adalah deskripstif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua memiliki peran yang sangat besar terhadap perkembangan dan membuat siswa termotivasi dan semangat dalam sekolah. Sedangkan Dukungan keluarga diberikan dengan cara memperhatikan rangkaian tugas yang diberikan guru kepada siswa, hal ini dilakukan agar para siswa dapat meningkatkan proses pembelajaran di sekolahnya. Maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berperan aktif dalam minat dan proses pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Samang Kab. Kep Aru Kec. Pulau-Pulau Aru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd. I. / Pembimbing II : Nina Yuliana Mulyawati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Keluarga
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:57
Last Modified: 24 Dec 2024 01:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item