Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Pelaksanaan Khiyar pada Jual Beli Pakaian di Pasar Mardika Kota Ambon

Lonto, Desya La (2024) Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Pelaksanaan Khiyar pada Jual Beli Pakaian di Pasar Mardika Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN.pdf

Download (917kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana praktik khiyar pada jual beli pakaian di pasar Mardika Kota Ambon dan mengetahui bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap praktik khiyar pada jual beli pakaian di pasar Mardika Kota Ambon Peneliti mengambil lokasi di Pasar Mardika Kota Ambon sebagai objek penelitian, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajuan data dan penarikan kesimpulan Penjual dan pembeli di Pasar Mardika secara umum belum memahami konsep khiyar dalam transaksi jual beli pakaian, Penjual dan pembeli di Pasar Mardika secara umum menerapkan konsep khiyar dalam transaksi jual beli pakaian. Mereka memberikan waktu bagi pembeli untuk memeriksa barang sebelum memutuskan untuk membeli, Adanya penerapan khiyar membantu meningkatkan kepuasan konsumen, karena mereka merasa lebih aman dan terlindungi dalam bertransaksi, Pelaksanaan khiyar juga membantu meningkatkan kepercayaan antara penjual dan pembeli, serta mendorong transparansi dalam transaksi, Pelaksanaan khiyar yang sesuai dengan prinsip ekonomi Islam mendukung etika bisnis yang baik, yaitu kejujuran, keadilan, dan kepuasan semua pihak yang terlibat dalam transaksi, Serta Penerapan khiyar yang baik membantu menciptakan pasar yang stabil dan berkelanjutan, di mana kepercayaan dan loyalitas pelanggan terjaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Tuti Hariyanti, M. H. / Pembimbing II : Nahriah Latuconsina, M. Esy.
Uncontrolled Keywords: Khiyar, Jual Beli, Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi Syariah
IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Feb 2025 00:57
Last Modified: 24 Feb 2025 00:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4590

Actions (login required)

View Item View Item