Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Agama Islam kelas X1 (TKJ) SMK Muhammadiyah Ambon.

Mahu, Faija (2019) Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Agama Islam kelas X1 (TKJ) SMK Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (877kB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan agama, kaur kurikulum, dan peserta didik SMK Muhammadiyah kelas X1 (TKJ). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dan diolah dengan meggunakan tiga langkah berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui persepsi guru pendidikan agama Islam terhadap implementasi Kurikulum 2013 di kelas X1 SMK Muhammadiyah Ambon (2) Untuk mengetahui apasaja faktor pendukung dan kendala dalam implementasi kurikulum 2013 Hasil penelitin menunjukan bahwa persepsi guru Pendidikan Agama Islam terhadap implementasi kurikulum 2013 sudah cukup bagus, terkaiat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pembuatan Silabus. Akan tetapi pada pelaksanaan dalam proses pembelajaran didalam kelas terkesan biasa-biasa saja guru hanya menyuruh siswa untuk mencatat, dan pada proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Sistem penilaian Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Ambon masih menganut sistem KTSP, guru Pendidikan Agama Islam belum mampu mengimplementasikan penilaian autentik yang terdiri dari penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, adapun faktor kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran diantaranya sarana prasarana yang kurang mendukung yaitu penggunaan LCD yang dimana infokus di SMK Muhammadiyah hanya dua, kemudian terdapat 12 kelas maka penggunaan infokus kurang memadai, dan penilaian yang ada pada kurikulum 2013 guru mengalami kesulitan melaksanakan prosedur yang ada dalam kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Husni Suruali M. Ag / Saddam Husein M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:33
Last Modified: 07 Sep 2020 01:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item