Haulussy, Ahdia (2019) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sifat-Sifat Wajib Allah Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VII MTs Al-Kahar 2 Iha Liang Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
bab 1,3,5.pdf Download (3MB) |
|
Text
bab 1-5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Talking Stick merupakan model pembelajaran kooperatif yang menyenangkan karena model pembelajaran ini melatih peserta didik memahami materi dengan cepat, karena mengajarkan peserta didik untuk berani mengeluarkan pendapat sendiri serta mendorong peserta didik berpikir mencari jawaban sendiri atas pertanyaan yang diajukan. Dengan demikian maka peserta didik akan lebih cepat memahami materi tentang sifat-sifat wajib Allah, dimana peserta didik dapat mengungkapkan pengetahuan mereka terkait sifat-sifat wajib Allah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sifat-sifat wajib Allah mata pelajaran aqidah akhlak di kelas MTs Al-Kahar 2 Iha Liang Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan terhitung mulai dari tanggal 19 November sampai dengan 19 Desember 2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Kahar 2 Iha Liang Kabupaten Maluku Tengah. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik yang berada di kelas VII. Teknik analisis data diolah dengan menggunakan presentasi corection kemudian dikonsultasikan dengan Penilai Acuan Patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi sifat-sifat wajib Allah di kelas VII MTs Al-kahar Iha Liang Kabupaten Maluku Tengah. Hal ini dapat dilihat dari siklus I menunjukkan 6 orang peserta didik atau 18,75% memperoleh nilai baik sekali, 11 orang peserta didik atau 34,37% memperoleh nilai baik, 10 orang peserta didik atau 31,25% memperoleh nilai cukup, 5 orang peserta didik atau 15,62% memperolah nilai kurang, dan tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai gagal dalam mengikuti proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada siklus ini. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus ini, hal ini dilihat dari 14 orang peserta didik atau 43,75% memperoleh nilai yang sangat baik, 15 orang peserta didik atau 46,87% memperoleh nilai baik, dan 3 orang peserta didik yang memperoleh nilai cukup, dan tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai kurang dan nilai gagal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Ummu Sa’idah, M.Pd.I / Djamila Lasaiba, MA |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran talking stick |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 05:19 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 05:19 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/517 |
Actions (login required)
View Item |