Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Lausepa, Salma (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
bab 1,3,5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran problem-based instruction (PBI) dapat membantu siswa berlatih untuk dapat menggunakan berbagai konsep, prinsip dan keterampilan yang telah dipelajari atau sedang dipelajarinya untuk memecahkan masalah bahkan untuk memecahkan masalah sehari-hari. Pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk mencari alasan terhadap solusi yang benar (learn to reason correct solutions) dan lebih mendorong siswa untuk membangun, mengkonstruksi dan mempertahankan solusi-solusi argumentatif yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem reproduksi manusia pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan instrumen soal tes dan lembar observasi, yang dilaksanakan pada tanggal 09 Mei 2018 sampai dengan 09 Juni 2018 di SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike, dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan nilai hasil belajar, sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan deskriptif kuantitatif, yakni pengkajian nilai setiap siklus belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem reproduksi manusia pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satap Larike Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa 13 orang siswa dengan persentase 65% memperoleh nilai tuntas, sedangkan sebanyak 7 orang siswa dengan persentase 35% belum memperoleh nilai tuntas. Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas adalah sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 90% dan siswa yang tidak tuntas adalah sebanyak 2 orang siswa dengan persentase 10%. Berdasarkan hasil siklus II, persentase yang diperoleh siswa, yaitu 90% lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara klasikal, yaitu 85%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) baik secara klasikal maupun individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ridwan Latuapo, M.Pd.I / Cornelia Pary, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Instruction
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:36
Last Modified: 23 Sep 2020 02:36
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item