Optimalisasi Fungsi Lingkungan sekolah Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Kelas XII Madrasah Aliyah Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat

Iyama, Yati (2020) Optimalisasi Fungsi Lingkungan sekolah Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Kelas XII Madrasah Aliyah Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya fungsi lingkungan pendidikan dalam membentuk akhlak peserta didik. Lingkungan sekolah misalnya, yang diharapakan menjadi lingkungan pembentuk akhlak yang baik dan dapat memberikan kontribusi bagi masa depan akhlak demi kemajuan bangsa dan negara. Namun faktanya, adanya keterlibatan anak, kategori peserta didik dalam serangkaian gerakan penyakit sosial yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Masalah serius terjadi, karena keterlibatan anak menjadi korban dari pengaruh pergaulan sesama peserta didik. Jika sekolah menjalankan fungsinya dengan baik, maka keterlibatan anak dikategorikan peserta didik tidak akan terjadi. Adanya akhlak buruk bagi peserta didik, bagian masalah pendidikan yang perlu menjadi bahan evaluasi dan riset bagi perbaikan kedepan. Berdasarkan permasalahan ini, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana optimalisasi fungsi lingkungan sekolah dalam pembentukan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Bina Karya Hatawano? dan faktor apa saja menjadi penghambat dan pendukung optimalisasi fungsi lingkungan sekolah dalam pembentukan akhlak peserta didik di Madrasah Bina Karya Hatawano? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di kelas XII Madrasah Aliyah Bina Karya Hatawano Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Waktu penelitian dilaksanakan selama 1 bulan mulai tanggal 23februari 2020 sampai 23 maret 2020. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan peserta didikdan ditambah kepala Madrasah Aliyah Bina karya Hatawano. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Optimalisasi fungsi lingkungan sekolah dalam pembentukan akhlak peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Bina Karya Hatawano dikategorikan sudah optimal. Dengan kualifikasi sebagai berikut: fungsi transmisi dan transformasi dikategorikan baik, fungsi peran manusia sosial memiliki kualifikasi sangat baik, fungsi membentuk kepribadian memiliki kualifikasi sangat baik, fungsi mempersiapkan anak memiliki kualifikasi sangat baik, dan fungsi membangun integrasi sosial memiliki kualifikasi sangat baik. 2) Faktor hambatan dan pendukung optimalisasi fungsi lingkungan sekolah dalam pembentukan akhlak peserta didik di Madrasah Bina Karya Hatawano. Faktor hambatanya yaitu lingkungan masyarakat, pengunaan gadget (HP),ketersediaan saran prasarana. Sedangkan pendukungnya yakni Guru pendidik profesional, dukungan orang tua peserta didik di rumah, aturan sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nursaid, M.Ag / Nurlaila Sopamena, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:52
Last Modified: 26 Nov 2020 04:52
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item