Pengaruh Game Online Dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI MA Ikhlas Beramal Ani

Ilham, Ratih (2020) Pengaruh Game Online Dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI MA Ikhlas Beramal Ani. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Game online dan media sosial sangat digemari oleh semua kalangan, termasuk pelajar. Bermain game online atau mengakses media sosial tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik tetapi kemampuan intelektual dan fantasi anak. Namun disisi lain jika terlalu belebihan memainkannya maka akan muncul dampak negatif dari bermain game online atau mengakses media sosial, antara lain kurangnya minat siswa dalam belajar yang akan mengakibatkan turunnya prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game online dan media sosial terhadap minat belajar mata pelajaran biologi siswa kelas XI di MA Ikhlas Beramal Ani dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya game online dan media sosial terhadap minat belajar mata pelajaran biologi siswa kelas XI di MA Ikhlas Beramal Ani. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan guru biologi dan penyebaran kuesioner kepada siswa. Hasil dari penyebaran kuesioner akan diolah dengan menggunakan skor yang telah ditentukan dari 4 sampai 1. Kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 07 September sampai dengan 07 Oktober 2020. Lokasi penelitian dilakukan di MA Ikhlas Beramal Ani Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat dengan jumlah sampel 22 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siswa yang pemula dan siswa yang kecanduan dalam memainakn game online terdapat pengaruh yang signifikan pada pengaruh Game Online dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI di MA Ikhlas Beramal Ani. Dibuktikan dengan nilai r hitung pada siswa pemula = 0,997 lebih besar dari nilai r tabel = 0,666 dan pada siswa yang kecanduan = 0,984 lebih besar dari r tabel = 0,553 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan dapat menolak hipotesis nihil (H0). Besarnya pengaruh Game Online Dan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI di MA Ikhlas Beramal Ani sebesar 99,40% dan 96,82% pada siswa pemula dan kecanduan game online. Hasil tersebut diperoleh dari rumus Koefisien Detreminasi (KD) = r2 × 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Surati, M. Pd / Pembimbing II : Abajaidun Mahulauw, M. Biotech
Uncontrolled Keywords: Game Online, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 07 Jan 2021 01:25
Last Modified: 07 Jan 2021 01:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item