Soel, Hamdan (2020) Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Ranah Afektif Peserta Didik Kelas X-I di SMK Al-Hilaal Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I,III,V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kompetensi kepribadian sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan pribadi para peserta didik. Kompetensi kepribadian ini memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam membentuk sikap peserta didik yang menunjuk ke arah pertumbuhan batiniah dan terjadi bila peserta didik menjadi sadar tentang nilai yang diterima. Adapun permasalahan dalam penelitian ini bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik kelas X-I di SMK Al-Hilaal Kecamatan Namlea Kabupaten Buru dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik kelas X-I di SMK Al-Hilaal Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 14 September 2020 sampai dengan 14 November 2020 di SMK Al-Hilaal Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Subjek penelitian ada 6 orang yaitu 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang Guru PAI dan 4 orang peserta didik. Instrumen dalam penelitian adalah observasi dan wawancara. Analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI dalam pengembangan ranah afektif peserta didik di SMK Al-Hilaal Kecamatan Namlea Kabupaten Buru sangat baik dan efektif, hal ini dilihat dari program sholat Dzuhur berjamaah, selain itu guru PAI dalam pengembangan ranah afektif peserta didik dimulai dari mencari latar belakang masalah, menyelesaikan persoalan, memberi keputusan yang bijaksana, menasehati dengan ramah, memberi peringatan dan teguran, serta menjaga agar hubungan antara guru PAI dengan peserta didik tetap harmonis dan membuat buku point terhadap peserta didik yang bermasalah (melanggar tata tertib), dan mengadakan pembinaan dan bimbingan. Faktor pendukung pengembangan ranah afektif peserta didik antara lain; pertama; tenaga pendidik yang bekerja sesuai tugasnya, kedua; stakeholder dan ketiga; prasarana yang cukup mendukung. Sedangkan faktor penghambat yaitu; pertama: Kurangnya perhatian dari orang tua, kedua: heterogenitas (percampuran), keadaan lingkungan peserta didik yang berada diantara percampuran budaya desa dan kota sehingga peserta didik mencoba meniru budaya-budaya yang ada di perkotaan meskipun tidak sesuai dengan budaya masyarakat setempat dan ketiga: maraknya dunia informasi, perkembangan media komunikasi yang dapat merusak akhlak peserta didik karena tidak terkontrol dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Samad Umarella, M.Pd / Elfridawati Mai Dhuhani, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian, Guru PAI, Ranah Afektif. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 02:12 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 02:12 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/990 |
Actions (login required)
View Item |