Kambose, Ilham (2020) Upaya Guru PAI Dalam Mengembangkan Sikap Spritual dan Sikap Sosial Peserta Didik di SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I,III,V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap Spiritual dan sikap sosial peserta didik di SMP Negeri 23 Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan sikap Spiritual dan sikap sosial peserta didik di SMP Negeri 23 Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 17 Maret sampai dengan 17 April 2020. Subjek penelitian ada 2 orang guru PAI. Instrumen dalam penelitian adalah observasi dan wawancara. Analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam mengembangkan sikap spritual dan sikap sosial peserta didik di SMP Negeri 23 Ambon dilakukan melalui kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, membaca doa kafaratul majelis di akhir pelajaran. Di samping itu, guru juga melakukan berdo’a bersama, membaca asma’ul husnah, sholat berjama’ah, kegiatan amal jariyah setiap hari Jum’at, mengaitkan materi agama Islam dengan kehidupan sehari-hari, guru memberikan teladan dengan selalu mengucap salam, mengunjungi panti asuhan, renungan religi. Selain itu upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengembangkan kompetensi sikap sosial dilakukan melalui kegiatan pelaksanaan berupa penggunaan metode aktif agar peserta didik aktif bertanya, presentasi dan aktif bekerja kelompok. Disamping itu guru mengajak peserta didik untuk melakukan bakti sosial, membiasakan 3S (senyum, salam, sapa) ketika bertemu guru, melaporkan kepada guru barang yang ditemukan, menghukum peserta didik yang terlambat. Faktor pendukung upaya guru PAI dalam mengembangkan sikap spritual dan sikap sosial peserta didik di SMP Negeri 23 Ambon dilihat dari fasilitas sekolah yang memadai berupa musholla putri/putra, media pembelajaran seperti LCD, penggunaan metode aktif. Sementara program sekolah yang mendukung seperti kegiatan berdoa bersama, bakti sosial, memperingati hari-hari Nasional, iuran jariyah setiap hari jum’at. Sedangkan faktor penghambat dari pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial adalah pengaruh negatif teknologi, belum tersedianya buku paket yang memadai dan lingkungan yang kurang kondusif karena sekoah berada di wilayah perkampungan Kahena dan sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Hj. St. Jumaeda, SS, M.Pd.I / Nur Khozin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Sikap Spritual, Sikap Sosial |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 01:10 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 01:10 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/996 |
Actions (login required)
View Item |