Problematika Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an Bagi Mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon

Sari, Mirna (2020) Problematika Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an Bagi Mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembinaan baca tulis al-Qur’an bagi mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon serta bagaimana problematika yang dihadapi mahasiswa dalam pembinaan baca tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Fokus penelitian peneliti adalah problematika pembinaan baca tulis al-Qur’an bagi mahasiswa IAIN Ambon Program Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2018. Peserta/mahasiswa yang diteliti adalah peserta pembinaan kelas C.1.1 dan kelas C.1.2 yang berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Ambon. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni menggambarkan secara sistematis terhadap suatu gejala tertentu secara faktual dan akurat mengenai fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pelaksanaan program pembinaan baca tulis al-Qur’an berdasarkan latar belakang karena banyak pimpinan kampus melihat bahwa mahasiswa IAIN Ambon belum bisa membaca al-Qur’an secara baik dan benar. Tujuan dilaksanakan pembinaan baca tulis al-Qur’an agar mahasiswa IAIN Ambon dapat membaca dan menulis al-Qur’an secara baik dan benar. Pelaksanaan pembinaan baca tulis al-Qur’an berdasarkan Surat Keputusan Rektor Institut Agama Islam Negeri Ambon Nomor 14 tahun 2014 tentang Standarisasi pembinaan baca tulis al-Qur’an yang kedua adalah Surat Keputusan Rektor No 21 Tahun 2017 tentang Standarisasi kenaikan kelas baca tulis al-Qur’an di IAIN Ambon. Proses pembinaan baca tulis al-Qur’an berjalan sesuai dengan aturan yang telah disepakati bersama. Syarat untuk menjadi seorang pengajar memiliki pemahaman tentang ilmu-ilmu tajwid dan berada pada kelas A. Materi pembinaan baca tulis al-Qur’an diberikan sesuai dengan tingkatan kelas. Metode yang digunakan dalam pembinaan baca tulis al-Qur’an adalah metode Iqra’ dan metode al-Huda. Waktu pembinaan dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan pukul 09.00 WIT. Jadwal pembinaan disesuaikan dengan jam kuliah Mahasiswa. Evaluasi baca tulis al-Qur’an dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Problematika yang dihadapi mahasiswa dalam pembinaan baca tulis al-Qur’an adalah dari segi waktu pembinaan, pengajar (gonta ganti pengajar), dan latar belakang kemampuan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Hj. St Jumaeda, M.Pd.I / Nakip Pelu, MA
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Jan 2021 01:18
Last Modified: 11 Jan 2021 01:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item