Penggunaan Metode Student Facilitator And Explaining Dengan Lingkungan Sekitar Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Geometri Di Kelas VII SMP Negeri Labuang Timur

-, Sinta (2021) Penggunaan Metode Student Facilitator And Explaining Dengan Lingkungan Sekitar Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Geometri Di Kelas VII SMP Negeri Labuang Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran student fasilitator and explaining dengan lingkungan sekitar terhadap pemahaman siswa pada materi Geometri dan . Meningkatkan pemahaman siswa dengan metode pembelajaran Student Fasilitator And Explaining dengan lingkungan sekitar terhadap pemahaman siswa pada materi Geometri. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga pemahaman siswa menjadi meningkat, penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 5 Oktoberi sampai 5 Novenber 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Labuang Timur. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik analisis stastistik deskriktif digunakan untuk menganalisis ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman matematika dengan Penggunaan Metode Student Facilitator And Explaining Dengan Lingkungan Sekitar Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Geometri Di Kelas VII SMP Negeri Labuang Timur. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis ketercapian pemahaman siswa untuk semua indikator yang mengalami peningkatan. Pada tes awal siswa tuntas sebanya 11,26 % sedangkan pada siklus I yang tuntas meningkat dengan nilai rata-rata 58,82 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,23%. Berdasarkan keterangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada materi geometri dengan lingkungan sekitar dapat meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar di kelas VII di SMP Negeri Labuang Timur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator And Explaining, Lingkungan Sekitar, Geometri
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 20 May 2021 05:33
Last Modified: 20 May 2021 05:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item