Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas VII Mts Muhammadiyah Amaholu

Siolimbona, Deni (2020) Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas VII Mts Muhammadiyah Amaholu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Mutu pendidikan dipengaruhi oleh beberapa hal terutama ketersediaan fasilitas belajar, pemanfaatan waktu, dan pengunaan metode belajar. Teams games tournament (TGT) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan adanya kerja sama antara anggota kelompok untuk mencapai tujuan belajar. Terdapat empat tahap dalam TGT yaitu mengajar, belajara kelompok, turnament/perlombaan, dan penghargaan kelompok. Hal yang menarik dari TGT dan yang membedakanya dengan tipe pembelajaran kooperatif yang lain adalah turnamen. Didalam turnamant, siswa yang berkemampuan akademiknya sama akan saling berlomba untuk mendapatkan skor tertinggi di meja turnamenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VII Mts Muhammadiyah Amaholu Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (plaining), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) dan jumlah subjek penelitian 20 orang. Instrument yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif (TGT). Teknik analisis data yang digunakan secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas VII Mts Muhammadiyah Amaholu kecamatan huamual kabupaten seram bagian barat. Hal ini ditandai dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum pemberian tindakan adalah sebesar 15% (3 dari 20 siswa), setelah diberi tindakan jumlah tersebut meningkat sebessar 30% pada siklus I menjadi 45% (9 siswa dari 20 siswa), dan kembali meningkat sebesar 45% pada siklus II menjadi 90% (18 dari 20 siswa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriani Nukuhaly, M, Pd / Pembimbing II : Rusmin Madia, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 19 Nov 2021 00:10
Last Modified: 19 Nov 2021 00:10
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item