Hubungan Gaya Mengajar Guru dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Matriks

-, Nurmin (2022) Hubungan Gaya Mengajar Guru dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Matriks. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

Gaya mengajar adalah suatu cara atau bentuk penampilan seorang guru dalam menanamkan pengetahuan, memimbing, mengubah atau mengembangkan kemampuan, prilaku dan kepribadian siswa dalam mencapai tujuan proses belajar. sedangkan pemahaman konsep adalah salah satu kemampuan mengungkapkan suatu materi yang disajikan ke dalam bentuk yang lebih dipahami, mampu memberikan interprestasi serta mampu mengaplikasikannya. Gaya, metode, pengelolaan kelas, dan teknik guru dalam mengajar mempunyai hubungan dalam menarik pemahaman siswa terutama matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besar hubungan gaya mengajar guru dan pemahaman konsep siswa pada materi matriks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengungkapkan hubungan-hubungan atau mencari pengaruh terhadap suatu variabel. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas (X) yaitu gaya mengajar guru dan variabel terikat (Y) yaitu pemahaman konsep siswa pada materi matriks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Ambon yang terdiri dari 87 siswa yang dibagi kedalam tiga kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA2, dan XI IPA 3 dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil satu kelas yaitu siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 29 orang. Instrument yang digunakan adalah angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunkan statistik deskriptif, statistic inferensial dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis uji linieritas bahwa nilai signifikan variabel gaya mengajar guru (X) = 0,319. Menunjukan nilai signifikan > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan linier antara variabel gaya mengajar guru(X) dengan variabel pemahaman konsep siswa (Y). Pengumpulan data dan teknik analisis data menunjukan bahwa koofesien korelasi antara variabel X dan variabel Y menunjukan nilai rhitung = 0,502 > nilai rtabel dengan db = 27 untuk taraf signifikan 5% adalah 0,381. hal ini menunjukan terdapat hubungan yang cukup kuat antara gaya mengajar guru dan pemahaman konsep siswa pada materi matriks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Anasufi Banawi, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya mengajar guru, pemahaman konsep siswa, matriks
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:26
Last Modified: 27 Oct 2022 01:26
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item