Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Bilangan Bulat Berpangkat di Masa Covid-19

Tomia, Warsi (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Bilangan Bulat Berpangkat di Masa Covid-19. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)

Abstract

Media sosial Facebook adalah media sosial yang cukup familiar di berbagai rentang usia. Kehadirannya yang sudah cukup lama membuat Facebook lebih dikenal dari media-media sosial lainnya. Hal ini memunculkan asumsi bahwa sebagian besar guru senior pun pada umumnya sudah cukup mengenal Facebook sehingga men¬genalkan media sosial ini sebagai salah satu opsi media pembelajaran akan lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring menggunakan Facebook terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat berpangkat kelas IX SMP Negeri 12 Buru di masa Covid-19 dan untuk mengetahui besar pengaruh pembelajaran daring menggunakan Facebook terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat berpangkat kelas IX SMP Negeri 12 Buru di masa Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Buru, Kecamatan Waplau, Desa Waplau. Pada penelitian ini kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dalam pembelajaran daring menggunakan Facebook dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol dalam pembelajaran daring menggunakan Whatsapp. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji indepndent tes dengan bantuan SPSS Version 23. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) adalah 0,014 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring menggunakan Facebook terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat berpangkat kelas IX SMP Negeri 12 Buru di masa Covid-19. Hasil perhitungan N-Gain pada kelas eksperimen dan hasil pretest dan posttest maka didapatkan N-Gain terletak pada hasil 0,30 < N-Gain < 0,70 tersebut. N-Gain yang didapat pada kriteria sedang yaitu 0,66. Dengan demikian besar N-Gain yang ternormalisasi ini ke dalam bentuk persen yaitu 66%. Sehingga besar pengaruh Pembelajaran daring menggunakan Facebook berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat berpangkat kelas IX SMP Negeri 12 Buru di masa Covid-19 adalah 66%, sedangkan 34% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Facebook, Whatsapp, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Oct 2022 00:09
Last Modified: 28 Oct 2022 00:09
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item