Profil Keterampilan Dasar Mengajar Guru Matematika di MTs Al-Anshor Ambon

Marasabessy, Hapisa (2022) Profil Keterampilan Dasar Mengajar Guru Matematika di MTs Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan khusus yang wajib dimiliki oleh guru prosfesional sebagamana amanah yang termuat dalam Undang-Undan No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Penguasaan guru yang baik dalam hal keterampilan dasar mengajar dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan dasar mengajar guru matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Anshor Ambon dengan jumlah guru 2 orang, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Aspek keterampilan dasar mengajar yang dianalisis meliputi: keterampila membuka pelajaran,keterampilan bertanya,keterampilan mengadakan variasi,keterampilan memberi penguatan,keterampilan menjelaskan,keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan perorangan,membimbing diskusi kelompok kecil,mengelola kelas dan menutup pelajaran. Hasil penelitian memuat informasi bahwa keterampilan dasar mengajar guru matematika di MTs Al-Anshor Ambon dalam pembelajaran kategori sangat baik dengan rata-rata penilaian sebesar 89%. Keterampilan membeka pelajaran dan bertanya dinilai sangat baik dengan rata-rata penilaian sebesar 94%.keterampilan mengelola kelas dan menutup pelajaran dinilai sangat baik dengan rata-rata sebesar 90%. Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dengan rata-rata penilaian sebesar 89%.Keterampilan secara runtun dijelaskan dengan penilaian sebesar 87% yakni Keterampilan mengadakan variasi,Keterampilan memberi penguatan dan Keterampilan menjelaskan. Komponen dengan penilaian terendah terdapat pada kategori baik adalah Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan perorangan dengan rata-rata penilaian sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. St Jumaeda, M.Pd.I / Yuli Hastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Dasar Mengajar, Guru Matematik
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:20
Last Modified: 28 Oct 2022 01:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item