Deskripsi Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Yang Belajar Secara Online-Offline Selama Masa Pandemi Covid-19

Buamona, Rasna (2022) Deskripsi Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Yang Belajar Secara Online-Offline Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir aljabar siswa yang belajar secara online-offline selama masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon yang diberikan soal tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali, dimana tes pertama untuk penjaringan subjek diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon, dengan jumlah soal 3 nomor dan hasil tes diperoleh 5 orang siswa yang hampir memenuhi indikator berpikir aljabar. Selanjutnya 5 orang siswa tersebut diberikan soal tes kedua dengan jumlah soal sebanyak 2 nomor sehingga didapat 2 orang siswa yang dapat memenuhi kriteria berpikir aljabar menggunakan think alouds dan diwawancarai. Kemudian diambil 2 orang sebagai perwakilan subjek yang memenuhi indikator berpikir aljabar. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa memenuhi indikator berpikir aljabar yakni menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal. Siswa memahami masalah dengan menuliskan informasi-informasi yang termuat pada soal. Menentukan variabel dari soal yaitu siswa dapat mengubah redaksi soal kedalam bentuk variabel atau bentuk simbolik matematika dengan membuat pemisalan terhadap masalah yang diperoleh. Membuat model matematika dari variabel yang telah dibentuk sesuai dengan soal, yaitu siswa membuat pemodelan atau persamaan matematika unuk menyelesaikan masalah yang ada. Menerapkan model matematika untuk menyelesaikan soal yaitu siswa menerapkan model matematika dengan menggunakan cara pemisalan untuk menyelesaikan soal cerita untuk mendapatkan nilai variabel lainnya, dan menerapkan nilai variabel untuk menentukan nilai akhir dari soal, setelah siswa mendapatkan salah satu nilai dari variabel maka siswa dapat mencari nilai dari variabel yang lain dan menentukan nilai akhir dari soal serta memberikan kesimpulan dari soal tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Kasliyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir Aljabar, Pembelajran Online-Offline
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:25
Last Modified: 02 Nov 2022 01:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item View Item