Ode, Awia (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kenakalan Peserta Didik di SMP Negeri 14 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN.pdf Download (357kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (277kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk kenakalan peserta didik di SMP Negeri 14 Ambon dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan peserta didik di SMP Negeri 14 Ambon serta untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMP Negeri 14 Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 6 April sampai dengan 6 Mei 2021. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 14 Ambon. Subjek penelitian adalah 1 orang Kepala 1 orang guru PAI dan 1 orang guru BK. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Bentuk kenakalan yang ada di SMP Negeri 14 Ambon adalah berkelahi, coret-coret meja, pergi ke kantin beli makan saat jam pelajaran, tidak piket kelas, seragam kurang lengkap, membolos, ijin ke belakang tapi tidak ke kamar mandi melainkan pergi ke kantin, meninggalkan jam pelajaran, ramai saat KBM berlangsung, pulang sebelum waktunya, berangkat sekolah tapi ternyata tidak sampai ke sekolah malah bermain Play Station (PS). 2. Faktor yang menyebabkan kenakalan peserta didik SMP Negeri 14 Ambon ada 2 faktor; lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, dan 3. Upaya Guru PAI dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMP Negeri 14 Ambon dengan melakukan penyuluhan terhadap peserta didik, memberikan nasehat, tutur kata yang baik, dan juga melakukan hal serta tindakan yang mempunyai tauladan yang baik kepada peserta didik, tindakan-tindakan yang dilakukan tersebut sesuai dengan peran Guru PAI sebagai pengajar, yaitu memberitahukan pengetahuan keagamaan, sedangkan sebagai pendidik yaitu mengadakan pembinaan, pembentukan kepribadian, pembinaan akhlak, menumbuhkan dan mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Nursaid, M.Ag / Husni Suruali, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru PAI, Kenakalan Peserta Didik |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:23 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:23 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2571 |
Actions (login required)
View Item |