Perbandingan Penggunaan Soal Rutin dan Non Rutin Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa

Sartika, Eni (2022) Perbandingan Penggunaan Soal Rutin dan Non Rutin Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)

Abstract

Minat belajar siswa merupakan salah satu kendala yang dialami siswa dalam proses belajar. Beberapa pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru mengakibatkan siswa menjadi cenderung pasif, sehingga masih terdapat permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran antara lain kurangnya minat belajar siswa. Hal tersebut melatarbelakangi penulis untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Soal rutin merupakan soal latihan biasa yang dapat diselesaikan dengan prosedur yang dipelajari di kelas. Sedangkan soal non rutin merupakan soal yang untuk penyelesaiannya diperlukan pemikiran lebih lanjut karena prosedurnya tidak sejelas atau tidak sama dengan prosedur yang dipelajari di kelas. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) menggunakan soal rutin dan non rutin dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa dan perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan soal rutin dan non rutin pada model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen Semu dengan jumlah sampel 44 siswa. Instrumen digunakan penelitian ini adalah soal tes, angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) menggunakan soal rutin dan non rutin. Selain itu, penelitian ini juga menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata minat belajar siswa yang menggunakan soal rutin dan non rutin pada model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Yuli Hastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Soal Rutin dan Non Rutin, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE), Minat Belajar Matematika Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:01
Last Modified: 16 Nov 2022 02:01
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item