Tuheitu, Nur (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Seram Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (618kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (68kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang melibatkan aktivitas guru dan peserta didik sebagai obyek utamanya kurang memotivasi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran di dalam kelas, hal ini terlihat dari sebagian besar peserta didik yang kurang berminat terhadap Mata Pelajaran Biologi. Berkenaan dengan masalah tersebut, maka salah satu pembelajaran yang dipilih dan akan diterapkan oleh penulis dalam pembelajaran biologi adalah pembelajaran kooperatif tipe Round Table. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Round Table terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Seram Bagian Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif, karena data yang diperoleh dianalisis sesuai metode statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi produc momen dengan bermaksud untuk menemukan pengaruh antara variabel bebas (Model Pembelajaran Round Tabel) dan variabel terikat (hasil tes belajar siswa ). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Round Tabel Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Seram Barat berpengaruh sangat kuat. Hal ini berdasarkan hasil analisis variabel X dan Y dengan menggunakan analisis korelasi produc momen diperoleh hasil uji r_hitung 0,854 dan r_tabel 0,632 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan statistik pada penelitian ini ternyata r_hitung 0,854 > r_tabel 0,632, maka hipotesis nol (H_o) ditolak dan hipotesis alternative (H_1) diterima, yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran Round Table mempengaruhi hasil belajar Biologi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai r hitung (rxy) sebesar 0,854, Dengan frekuensi (dk) sebesar 12 - 2 = 10, pada taraf signifikansi 5% diperoleh r tabel 0,632. Maka dapat dijelaskan bahwa pada taraf signifikan 5% nilai r hitung 0,854 > nilai r tabel 0,632. Maka untuk pengajuan hipotesis dapat disimpulkan bahwa H_1 diterima H_o ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran Round Table terhadap hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Seram Barat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Hj. Corneli Pary. M,Pd / Sahubauwa, M,Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Round Tabel, Hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 00:26 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 00:26 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2646 |
Actions (login required)
View Item |