Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan contextual teaching and learning (CTL) Dalam Mengembangkan Lingkungan Belajar IPA Yang Kondusif di SMP Negeri 8 Seram Barat

Tuhuteru, Hajir (2022) Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan contextual teaching and learning (CTL) Dalam Mengembangkan Lingkungan Belajar IPA Yang Kondusif di SMP Negeri 8 Seram Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Pentingnya penggunaan strategi pembelajaran dalam mengembangkan lingkunan belajar agar pembelajaran menjadi efektif dan tidak membosankan, maka guru diharuskan untuk menggunakan strategi-strategi yang tepat pada saat pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran dalam mengembangkan likungan belajar IPA yang kondusif di SMP Negeri 8 Seram Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPA dan siswa-siswi SMP Negeri 8 Seram Barat tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang ditemukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan contextual teaching and learning (CTL) dalam mengembangkan likungan belajar IPA yang kondusif di SMP Negeri 8 Seram Barat itu sangat baik. Karena dari langkah-langkah strategi yang diterapkan ternyata suda dapat mengembangkan lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar yang dikembangkan adalah lingkunan belajar fisik yang nyaman dan lingkungan sosial yang baik. Dengan menggunakan strategi STAD tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dapat meningkatkan hubungan kerja sama siswa dalam kelompok, dapat meningkatkan hubungan persaingan interaksi antara sesama dan dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran aktif. Selain dari itu dengan menggunakan strategi CTL juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dapat menumbuhkan minat belajar siswa, dapat meningkatkan hubungan persaingan interaksi antara sesama siswa didalam kelompok dan juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan berbagai strategi STAD dan CTL dalam mengembangkan lingkungan belajar IPA tersebut sangat optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd / Laila Sahubauwa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran STAD, CTL, Lingkungan Belajar IPA Yang Kondusif
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:48
Last Modified: 21 Nov 2022 02:48
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item View Item