Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecerdasan Logis Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTs Negeri Ambon

Muhammad, Zulkarnain (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecerdasan Logis Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Landasan filosofis pembelajaran kooperatif adalah pandangan behavioristik, siswa memperoleh pengetahuan sebagai akibat dari proses konstruksi yang terus menerus diterima. Pengalaman-pengalaman diatur, disusun, dan ditata kembali dengan mengaitkan struktur kognitif yang dimiliki siswa, sedikit demi sedikit dimodifikasi dan dikembangkan.Karakteristik pembelajaran kooperatif, yaitu (1) kelas dibagi atas kelompok-kelompok kecil, (2) siswa belajar dalam kelompoknya secara kooperatif, dan (3) sistem penghargaan lebih berorientasi kepada kelompok daripada individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning terhadap kecerdasan logis matematis siswa MTs Negeri Ambon. Variabel dalam penelitian ini adalah penilaian model pembelajaran Problem Bassed Learning sebagai variabel bebas dan kecerdasan logis matematis sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 dengan jumlah 20 orang siswa dengan metode penelitian yaitu metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kecerdasan logis matematis siswa MTs Negeri Ambon. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes 82. Dan nilai Uji F diperoleh p-value atau nilai signifikan < 0,05 Fhitung = 67.498 > Ftabel = 4,41maka H0 ditolak H1 diterima, yang berarti ada pengaruh model PBL terhadap kecerdasan logis matematis siswa. Oleh karena itu, kesimpulan dari Uji F regresi data penelitian ini adalah terdapat pengaruh penilaian siswa terhadap Model Pembelajaran PBL yang signifikan terhadap variabel Kecerdasan Logis Matematis pada materi SPLDV. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif PBL dalam pembelajaran matematika pada umumnya memberikan tanggapan baik dengan tingkat predikat 54.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djaffar Lessy M.Si, Ph.D / Fahruh Juhaeva, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kecerdasan Logis Matematis, SPLDV
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:46
Last Modified: 23 Nov 2022 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item