Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik Kelas III di SD Negeri 169 Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah

Jaha, Fadila (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik Kelas III di SD Negeri 169 Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting diterapkan pada setiap jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Pendidikan karakter pada tingkat pendidikan dasar diperlukan untuk menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan karakter seseorang. Implementasi pendidikan karakter dengan tepat dapat membangun masyarakat yang unggul termasuk peserta didik. Peserta didik unggul tidak hanya ditumbuhkan dengan kecerdasan menalar saja, tetapi juga harus menumbuhkan kecerdasan segi moral. Pendidikan karakter tidak terlepas dari peran support system yakni guru, sekolah dan lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peserta didik di SD Negeri 169 Maluku Tengah melalui implementasi nilai-nilai pancasila khususnya peserta didik kelas III. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan penelitian kualitatif yang dilaksanakan selama satu bulan, berlangsung mulai tanggal 14 Februari sampai dengan 14 Maret 2022 di kelas III SD Negeri 169 Maluku Tengah Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelas III SD Negeri 169 Maluku Tengah, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data dalam penelitian ini adalah teknik analisa interaktif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dapat meningkatkan karakter peserta didik, dilihat dari sikap dan tindakan mereka yang mencerminkan nilai-nilai pancasila terutama sila Ketuhanan yang Maha Esa dan juga Persatuan Indonesia, seperti menjalanlan dan mengamalkan perbuatan-perbuatan luhur, menghargai perbedaan, menghormati guru dan orang yang lebih tua, mengikuti upacara dengan sungguh-sungguh, cinta tanah air, membersihkan lingkungan serta memelihara tanaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ridwan Latuapo, M.Pd.I / Siti Nurjanah, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai-Nilai Pancasila, Karakter Peserta didik.
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:37
Last Modified: 23 Nov 2022 04:37
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item View Item