Ohoirenan, Zubaida (2022) Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Dipadu Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas VII di MTs Al-Ansor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (844kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (461kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (519kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (404kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
Abstract
Model pembelajaran probing-prompting adalah pembelajaran dengan menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali gagasan siswa sehingga dapat melejitkan proses berpikir yang mampu mengaitkan pengetahuan dan pengalaman siswa dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Media audio-visual adalah kombinasi dari kedua media diatas (pandang dengar). Dengan peran media ini guru dapat terbantu sehingga peran guru hanya sebagai fasilitator, media yang menampilkan suara dan gambar. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil kognitif belajar siswa kelas VII pada konsep interaksi makhluk hidup dan lingkungannya yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran probing-prompting dengan menggunakan media audio visual di MTs Al-Ansor Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sampel sebanyak 19 orang siswa, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, perangkat tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Probing-Prompting dipadu dengan Media Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum pemberian model pembelajaran Probing-Prompting dipadu dengan Media Audio Visual adalah 10,5% (2 dari 19 siswa) dengan rata-rata nilai secara klasikal 41,5 masuk kategori gagal, jumlah tersebut meningkat sebesar 16% pada siklus I menjadi 26,3% (5 dari 19) dengan rata-rata nilai secara klasikal 52,63 masuk dalam kategeri gagal, jumlah tersebut meningkat sebesar 37% pada siklus II menjadi 63,1% (12 dari 19) dengan rata-rata nilai secara klasikal 66,5 masuk pada kategori cukup, dan kembali meningkat pada siklus III sebesar 15% (15 dari 19) dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 70,7. berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) baik secara individual maupun secara klasikal masuk kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Probing-Prompting dipadu dengan Media Audio Visual baik digunakan oleh pendidikan yang ada di sekolah MTs Al-Ansor Ambon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd / Nina Yuliana Mulyawati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Probing-Prompting, Media Audio Visual, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 04:44 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 04:44 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2682 |
Actions (login required)
View Item |