Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SMP/MTs Pada Materi Aljabar

Lipumangau, Dardin (2021) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SMP/MTs Pada Materi Aljabar. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRA-LAMPIIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika adalah kesulitan siswa yang dilihat dari dua indikator yaitu kesulitan konsep dan prinsip. Dalam penelitian ini, indikator kesulitan yang digunakan ialah indikator kesulitan menyelesaikan soal menurut Cooney yakni, kesulitan dalam mempelajari konsep antara lain, siswa sulit dalam mempelajari konsep matematika dalam menyelesaikan soal olimpiade sains nasional SMP/MTs dan kesulitan dalam menerapkan prinsip antara lain, siswa sulit dalam menerapkan prinsip yang telah ia dapatkan dan sulit dalam menerapkannya dalam menyelesaikan soal olimpiade sains nasional SMP/MTs. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SMP/MTs Pada Materi Aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang pernah mengikuti Olimpiade Matematika Tingkat SMP yang terdiri dari dua siswa yang memenuhi indikator kesulitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Soal Olimpiade Matematika serta wawancara. Data hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator-indikator yang memenuhi indikator kesulitan Siswa. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles dan Hiberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi waktu dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa mengalami kesulitan prinsip dalam menyelesaikan soal, di antaranya ialah kesulitan dalam pemfaktoran suku aljabar, kurang teliti dalam operasi aljabar, dan kesulitan menuliskan tanda operasi.Siswa mengalami kesulitan konsep antara lain mengingat konsep dalam menentukan suatu himpunan penyelesaian. serta kesulitan dalam memilih persamaan yang digunakan untuk menentukan suatu himpunan penyelesaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah M.Pd / Kasliyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Siswa, Soal Olimpiade Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:47
Last Modified: 23 Nov 2022 06:47
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item