Peningkatan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran

Hayati, Nur (2022) Peningkatan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Minat merupakan kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Minat sangat besar pengaruhnya terhadap belajar. Aktivitas belajar tanpa didukung oleh minat cenderung tidak diikuti dengan sungguh-sungguh atau sepenuh hati. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS AL-Falah Debowae yang diberikan angket minat belajar matematika dengan menggunakan PBL berbantuan video pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar matematika siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran siswa kelas XI MAS Al-Falah Debowae. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil tindakan mengajar matematika pada materi lingkaran pada siklus I sebesar 75% dan meningkatkan pada siklus II menjadi 100%. Dilihat juga berdasarkan hasil angket minat belajar siswa, pada kegiatan prasiklus terdapat lima orang siswa mencapai kategori tinggi (25%), empat orang siswa mencapai kategori sedang (20%), dan 11 orang siswa mencapai kategori rendah (65%). Pada siklus I terdapat 12 orang siswa mencapai kategori tinggi (60%), enam orang siswa mencapai kategori sedang (30%) dan dua orang siswa berada dikategori rendah (10%). Pada siklus II terdapat 20 orang siswa mencapai kategori tinggi (100%), sedangkan kategori sedang dan rendah tidak ada. Dengan demikian minat belajar matematika siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II telah mengalami peningkatan. Siswa mengalami peningkatan minat dan peningkatan keaktifan dalam pembelajaran matematika serta memenuhi indikator yakni siswa merasa senang dan aktif dalam penyelesaian masalah yang telah diberikan, siswa tertarik ikut serta dalam pembelajaran matematika, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan saat diskusi dengan kelompok dan perhatian siswa penjelasan materi dan tidak berbicara dengan temannya saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I, M.Pd / Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa, Problem Based Learning, Video Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Nov 2022 00:08
Last Modified: 28 Nov 2022 00:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item View Item