Penerapan Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati kelas X SMA Negeri 2 Namlea

Afia, Wa Ode (2022) Penerapan Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati kelas X SMA Negeri 2 Namlea. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 2 Namlea. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).teknik analisis data yang di gunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menyusun hasil penelitian .hasil penelitian menujukan bahwa Penerapan Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati kelas X SMA Negeri 2 Namlea.hal ini sesuai dengan hasil tes awal dan tes akhir dengan hasil rekapitulasi wawancara yang di tetapkan dalam penelitian ini yakni : (1) Nilai hasil tes awal belajar sangat rendah sebagaimana terdapat 1 orang siswa ( 4% ) yang masuk dalam kualisifikasi sangat tinggi, 1 siwa (4%) yang masuk kualisifikasi tinggi, 3 siswa (12%) yang masuk kualisifikasi sedang , 6 siswa (24%) yang masuk kualisifikasi rendah dan 14 siswa (56%) yang masuk kualisifikasi sangat rendah .dalam penelitian ini indikator keberhasilan belum terpenuhi (2) hasil wawancara yang di lakukan peneliti kepada siswa dari 10 item pertanyaan kepada responden maka menunjukan bahwa seluruh siswa menjawab ya dalam hasil wawancara,hal ini menunjukan bahwa pada siklus 1 peneliti telah mampu mengelola kelas dengan baik selama proses belajar mengunakan model pembelajaran learning cycle pada materi keanekaragaman hayati,. maka indikator keberhasila sudah tepenuhi. hasil tes akhir siswa menjukan bahwa siswa yamg nilainya yang sangat tinggi a (3) dalah sebanyak 8 orang dan siswa yang nilainya tinggi sebanyak 11 orang Dan siswa yang nilainya rendah sebanyak 2 orang dan siswa nilainya sangat rendah sebanyak 1 orang . sementara nilai rata rata yang di per oleh adalah 78,8 artinya rata rata siswa kelas X SMA Negeri 2 namlea telah memahami materi keanekaragaman hayati. Hal ini menunjukan bahwa siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) baik secara klasikal. Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapakan model belajar (learning cycle ) 5E pada materi keanekaragaman hayati artinya indikator tes akhir ini juga terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr, Muhammad Rijal M.Pd / Janaba Renngiwur, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle, Hasil Belajar SMA Negeri 2 Namlea
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Nov 2022 00:25
Last Modified: 28 Nov 2022 00:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item