Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ambon

Husni, Nur (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) adalah sebuah sistem berbasis web yang dibangun dengan tujuan untuk mengorganisasi data akademik secara online. Kepuasan Mahasiswa terhadap SIAKAD merupakan sikap positif mahasiswa terhadap pelayanan SIAKAD karena adanya kesesuaian antara harapan dari pelayanan dibandingkan dengan kenyataan yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan SIAKAD terhadap kepuasan dan besarnya tingkat kepuasan mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ambon. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian di Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguran pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Sampel 31 mahasiswa dari jumlah populasi 123 orang sebagai pengguna SIAKAD. Pengambilan besaran sampel menggunakan rumus Slovin, dengan instrumen pengambilan data menggunakan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS diantaranya uji persyaratan statistik serta validalisi angket penelitian. Analisis selanjutnya yaitu uji normalitas data berdasarkan output spss diperoleh nilai Sig > 0.05, yaitu 0.200 > 0.05. artinya data residual berdistribusi normal. berdasarkan output SPSS diperoleh nilai Deviation from linearity sebesar 0.661 > 0.05, artinya ada hubungan yang linear antara varibel independent dengan variable dependent. Koefisien determinasi berdasarkan nilai R square diperoleh nilai 0.070 artinya pengaruh variable bebas terhadap variable dependent adalah sebesar 7% sisanya 93% dipengaruhi oleh variable lain diluar variable penelitian ini. Berdasarkan tabel coefficients diperoleh persamaan regresi Y = 33.604 – 0.243X. Artinya pelayanan akademik perpengaruh negative terhadap kepuasan mahasiswa. Hal ini juga dapat diperkuat oleh hasil uji hipotesis, dimana nilai sig = 0.149 > 0.05 artinya hipotesis yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh positif pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa iain ambon ditolak, pada taraf signifikan 5%. Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan yaitu: tidak terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan siakad dengan kepuasan mahasiswa yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Dewinofrita, M.Pd / Dinar Riaddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Sistem Informasi Akademik, Kepuasan Mahasiswa
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:07
Last Modified: 28 Dec 2022 06:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2868

Actions (login required)

View Item View Item