Analisis Metagonisis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Teori Pytagoras Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Ambon

Assel, Adelia (2022) Analisis Metagonisis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Teori Pytagoras Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf

Download (421kB)

Abstract

Metakognisi adalah suatu kata yang berkaitan dengan apa yang diketahui sebagai individu dan bagaimana dia mengontrol serta menyesuaikan perilakunya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui metakognisis siswa dalam memecahkan masalah dengan penggunaan teorema pythagoras. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 15 Februari 2022 sampai dengan tanggal 19 Maret 2022 di kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Soal tes, Dan Pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwaanalisis metakognisi siswa dalam memecahkan masalah teorema phytagoras ditinjau dari kemampuan matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon yaitu: siswa memiliki tingkat kognisi Reflective Use Dengan kata lain siswa tersebut adalah siswa yang menggunakan pemikiran reflektif saat memecahkan suatu masalah serta siswa dengan tingkat kemampuan level 3 yaitu Strategic Use. Dengan kata lain siswa tersebut adalah siswa yang menggunakan pemikiran strategis saat memecahkan suatu masalah. Dan siswa pada level 2 yaitu Aware Use. Dengan kata lain siswa tersebut adalah siswa yang menggunakan pemikiran dengan kesadaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Syafruddin kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metakognisis, Teori Pytagoras
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:45
Last Modified: 13 Jan 2023 00:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2903

Actions (login required)

View Item View Item