Pembelajran Matematika Yang di Integraskan Dengan Nilai-nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Himpunan

Rukua, Salama (2021) Pembelajran Matematika Yang di Integraskan Dengan Nilai-nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Himpunan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Integrasi nilai keIslaman dalam Matematika adalah Suatu pendekatan belajar mengajar yang melibatkan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam materi matematika untuk memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Karena dalam pembelajaran dikatakan integrative siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari itu melalui pengamatan langsung. Motivasi belajar adalah Dorongan dari dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar sehingga kelangsungan proses pembelajaran siswa itu tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuannya untuk mengetahui pembelajaran matematika diintegrasi nilai keislaman untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi Himpunan kelas VII SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian yang digunakan adalah model Kemiis McTaggart dan dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap yang berjumlah 22 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi yang digunakan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dan Angket yang digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai keislaman siswa kelas VII SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap pada materi himpunan pada siklus I terlihat bahwa siswa masih gaduh saatpembentukkan kelompok dibuktikan dengan ada 9 siswa memiliki motivasi belajar matematika 40% pada kategori tinggi, dan 13 siswa memiliki motivasi belajar matematika 60% pada kategori sedang. Selanjutnya pada siklus II terlihat bahwa siswa sudah mulai terarah saat pembentukkan kelompok dibuktikan dengan semua siswa di kelas VII memiliki motivasi belajar matematika 100% pada kategori tinggi. Dan dengan perolehan rata-rata lembar obervasi pada siklusnya, yaitu hasil observasi pada siklus I sebesar 88,88% dan siklus II sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Hayati Nufus, M.A. Pd
Uncontrolled Keywords: Integrasi Nilai Keislaman Motivasi Belajar Himpunan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:48
Last Modified: 07 Jul 2023 00:48
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3750

Actions (login required)

View Item View Item