Pattiha, Desy Marindi (2021) Upaya Guru Agama dalam Meningkatkan Mutu pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.pdf Download (790kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (343kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh di zaman seperti sekarang ini masyarakat muslim secara khusus orang tua, ulama, guru dituntut untuk memiliki sikap isyfaq (sikap peduli, khawatir, dan prihatin terhadap kondisi dan dunia anak-anak) sebagai generasi penerus. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan mereka pada sebuah keyakinan bahwa Allah SWT adalah Tuhan mereka dan Al- Qur’an adalah FirmanNya sehingga ruh Al-Qur’an dapat bersemayam pada jiwa mereka, cahayanya bersinar dalam pikiran, intelektualitas mereka, indra mereka dan agar mereka menerima keyakinan Al-Qur’an sejak kecil dan tumbuh menjadi dewasa atas kecintaan kepada Al-Qur’an. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: Mendiskripsikan secara jelas bagaimana upaya guru agama dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah Ambon. Mendiskripsikan secara jelas faktor apa saja yang mempengaruhi upaya guru Agama dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah Ambon. Mendiskripsikan sejauh mana manfaat dari upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan agam Islam di SMP Muhammadiyah Ambon. Penelitian ini menggunakan pola dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Di laksanakan pada tanggal 1 November sampai dengan pengumpulan data dengan lokasi penelitian SMP Muhammadiyah Ambon. Penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, serta teknik dokumentasi. Untuk analisa data digunakan teknik analisis deskriptif dalam upaya untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam yaitu dengan penggunaan kurikulum yang tepat, menyiapkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum, tenaga pengajar yang professional, penerapan strategi yang sesuai dengan karakteristik siswa. Faktor yang mempengaruhinya adalah faktor kesiapan guru, faktor pribadi siswa, faktor keluarga, dan faktor-faktor lain yaitu faktor lingkungan. Manfaat dari upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam ada tiga manfaat yaitu terhadap kepribadian siswa, terhadap keluarga, terhadap kehidupan sehari-hari siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Muhajir Abdurrahman, M.Pd.I / Saida Manilet, M.Pd.I. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:36 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:36 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3894 |
Actions (login required)
View Item |