Studi Perbandingan Permainan Tradisional dan Game Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIT-Al Anshor Ambon

Elly, Farrahiyah A. Putry (2023) Studi Perbandingan Permainan Tradisional dan Game Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIT-Al Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
lampiran skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah agar mengetahui dampak dari permainan tradisional dan game online terhadap minat belajar peserta didik kelas IV di MIT Al-Anshor Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, yaitu seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data serta instrumen yang digunakan yaitu tes (PG) dan juga non tes meliputi (observasi, dokumentasi dan angket). Diketahui nilai rata-rata pretest dan posttest peserta didik yang bermain permainan tradisional 75, 48 . dan peserta didik yang bermain game online 64,48. Hasil angket peserta didik yang mana peserta didik yang bermain permainan tradisional dengan persentase sebesar 90% dan yang bermain game online dengan jumlah persentase sebesar 85% yang mana dampak dari permainan tradisional lebih berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Dari hasil analisis uji inferensial berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang bermain permainan tradisional dan game online yang mana nilai signifikansi 0,001 yang mana ˂ dari 0,005, maka Ho ditolak dan Hα di terima. Yang berarti terdapat perbandingan antara peserta didik yang bermain game online dan yang bermain permainan tradisional. Dengan demikian permainan tradisional lebih memberikan dampak yang baik terhadap minat belajar peserta didik kelas IV serta terdapat perbandingan minat belajar antara peserta didik yang menggunakan permainan tradisional dan game online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ridwan Latuapo, M.Pd.I / Iga Intan Ayu Candra, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Permainan Tradisional dan Game Online
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:42
Last Modified: 30 Nov 2023 02:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item