Pengaruh Model Pembelajaran SYGI (Study of Group Integrated-Interconnected) dengan Pendekatan Integrasi Matematika Al-Qur‟an Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Bilangan Bulat

Hamadi, Nur Fatimah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran SYGI (Study of Group Integrated-Interconnected) dengan Pendekatan Integrasi Matematika Al-Qur‟an Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak model pembelajaran SYGI terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dimana dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi siswa kelas VII MTs Nurul Huda Limboro yang berjumlah 30 orang siswa. Temuan analisis menunjukkan adanya dampak yang kuat dari model pembelajaran SYGI dengan pendekatan integrasi matematika Al-Qur'an terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan bulat. Hal ini ditunjukan oleh nilai signifikansi sebesar 0,032<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa Pendekatan integrasi matematika Al- Qur'an dan model pembelajaran SYGI berdampak pada hasil belajar siswa. Pengaruh model pembelajaran SYGI terhadap hasil belajar siswa untuk materi operasi bilangan bulat sebesar 0,9 atau 9%, dan angket respon siswa terhadap pendekatan integrasi matematika Al-Qur‟an memperoleh presentase dengan rata- rata 54,05% menyatakan sangat setuju, rata-rata 32,14% menyatakan setuju, rata- rata 10,48% menyatakan tidak setuju dan presentase rata-rata 3,33% menyatakan sangat tidak setuju. Berdasarkan perolehan presentase tersebut dapat dilihat presentase tertinggi pada alternatif jawaban sangat setuju yaitu sebesar 54,05% yang berarti siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan integrasi matematika Al-Qur‟an dengan materi operasi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M.Pd. / Pembimbing II : Yuli Hastuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SYGI Al-Qur'an Operasi Bilangan Bulat
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:24
Last Modified: 06 Dec 2023 01:24
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item