Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Akar Pangkat di Kelas X Farmasi SMK Al-Wathan Ambon Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Tuhuteru, Zulfani Dia (2023) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Akar Pangkat di Kelas X Farmasi SMK Al-Wathan Ambon Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (998kB)

Abstract

Kemampuan itu sendiri adalah kesanggupan atau kecakapan seorang individu dalam menguasai suatu keahlian dan digunakan untuk mengerjakan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal akar pangkat di kelas X Farmasi SMK Al-Wathan Ambon ditinjau dari gaya kognitif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes Group Embedded Figure Test (GEFT), soal tes, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam menyelesaikan soal akar pangkat, siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent cenderung memenuhi indikator taksonomi bloom yakni: C1 Pengetahuan (Knowledge), C2 Pemahaman (Comprehension), C3 Penerapan (Application), C4 Analisis (Analysis), C5 Sintesis (Synthesis), C6 Evaluasi (Evaluation). Pengetahuan: Pada jenjang ini menekankan pada kemampuan dalam mengingat kembali materi yang telah dipelajari, seperti pengetahuan tentang istilah, fakta khusus, konvensi, kecenderungan dan urutan, klasifikasi dan kategori, kriteria serta metodologi. Memahami: diartikan sebagai kemampuan dalam memahami materi tertentu yang dipelajari. Penerapan: diartikan sebagai kemampuan menerapkan informasi pada situasi nyata, dimana peserta didik mampu menerapkan pemahamannya dengan cara menggunakannya secara nyata. Analisis: dapat dikatakan bahwa analisis adalah kemampuan menguraikan suatu materi menjadi komponen-komponen yang lebih jelas. Sintesis: dimaknai sebagai kemampuan memproduksi dan mengkombinasikan elemen-elemen untuk membentuk sebuah struktur yang unik. Evaluasi: evaluasi diartikan sebagai kemampuan menilai manfaat suatu hal untuk tujuan tertentu berdasarkan kriteria yang jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Djaffar Lessy, M.Si.,Ph.D / Syafruddin Kaliky,M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan Siswa, Indikator Kemampuan Taksonomi Bloom, Akar Pangkat, Gaya Kognitif
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 07 Dec 2023 05:20
Last Modified: 07 Dec 2023 05:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4084

Actions (login required)

View Item View Item