Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pada Materi aritmatika sosial Terintegrasi Nilai- Nilai Keislaman

Wance, Arni (2022) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pada Materi aritmatika sosial Terintegrasi Nilai- Nilai Keislaman. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (19MB)
[img] Text
ARNI WANCE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu hal penting dalam menunjang pembelajaran, media pembelajaran adalah suatu alat dan bahan yang digunakan untuk tujuan pendidikan. . Handout adalah bahan ajar yang telah disiapakan oleh pembicara dan biasanya diambil dari beberapa sumber yang memiliki relefansi dengan materi yang diajarkan berdasarkan kopetensi dasar dan materi pokok yang harus dikuasai oleh peserta didik. Integrasi keislaman adalah pembauran antara ilmu umum (matematika) dengan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar handout materi aritmatika sosial yang berintegrasi keislaman yang layak digunakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Waeteba. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) dengan medel yang digunakan yakni Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Tahapan penelitian tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Waeteba.Instumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri atas instumen penguji kevalidan berupa lembar validasi oleh ahli serta angket respon penggunan handout oleh siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis kelayakan bahan ajar handout oleh validator ahli menunjukkan persentase ahli 76% atau dengan katagori sangat layak sehingga sudah dapat digunakan dengan sedikit revisi. sedangkan pada tingkat uji coba respon guru mata pelajaran memperoleh presentase nilai 100% dengan katagori sangat layak.sementara respon siswa pada uji skala kecil 70%, dan respon siswa pada uji skala besar mencapai presentase 80%. Hasil persentase uji coba produk maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar handout materi aritmatika sosial berintegrasi keislaman sangat layak digunakan di SMP Negeri 5 Waeteba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I, M.Pd / Rusmin Madia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, handout, Kelayakan, Aritmatika Sosial
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 08 Dec 2023 00:55
Last Modified: 08 Dec 2023 00:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item View Item