Implementasi Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon

Booy, Lulu (2023) Implementasi Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PENELITIAN.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pengelolaan mutu pendidikan di MA Tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, waktu penelitian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon yaitu: 1) Impelmentasi manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan mencakup. a) Perencanaan, kepala sekolah mengadakan rapat dengan dewan guru membahas terkait dengan program atau kegiatan yang akan dilakukan, baik terkait dengan standar tenaga pendidik, standar proses dan standar sarana prasarana. b) Pelaksanaan, di MA tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon yaitu melakukan 1. Pembinaan atau peningkatan kualitas tenaga pendidik dan program unggulan, 2. Tahsin 3. Tahfidz. c) Pengawasan, di MA tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon yaitu melibatkan pihak lain misalnya kantor kementrian agama, yayasan al-anshor dan masyarakat atau komite yang turut dalam mengawasi di madrasah sehingga mutu yang ada pada madrasah benar-benar terukur. d) Evaluasi, di MA tahfiidzul Qur’an Al-Anshor Ambon yaitu dilakukan secara bertahap yaitu evaluasi program atau kegiatan sekolah yang mencakup dari perencanaan hingga pelaksanan, dan evaluasi pada laporan pelaksanaan kegiatan, yaitu guru diwajibkan mengumpulkan laporan kegiatan yang diselenggarakan sebagai bahan evaluasi. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat. a) Faktor pendukung, terjalinnya kerja sama antara pihak kamus IAIN ambon dengan pihak MA dan memberikan pelatihan kepada guru dalam meningatkan kopetensi mereka. Faktor penghambat. Anggaran yang kurang memadai, sarana prasarana yang belum memadai serta tenaga pengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd. / Dinar Riaddin, S.Pd. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu, Peningkatan Mutu
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:07
Last Modified: 14 Dec 2023 01:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4134

Actions (login required)

View Item View Item