Analisis Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Kelas C1 di Mahad Al-Jami’ah

Lestari, Ayu Kusuma (2023) Analisis Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Kelas C1 di Mahad Al-Jami’ah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (642kB)

Abstract

Masih banyak orang yang kesulitan dalam membaca al-Qur’an seperti halnya mahasiswa di Mahad al-Jami’ah IAIN Ambon dimana dalam membaca al-Qur’an para mahasiswa masih kesulitan dalam membedakan huruf hijaiyah, makharijul huruf, dan harakat panjang pendek, kesulitan-kesulitan tersebut juga terjadi karena faktor-faktor tertentu, sehingga dalam penelitian ini rumusan masalah yang akan diteliti yaitu apa saja bentuk kesulitan belajar membaca al-Qur’an mahasiswa kelas C1 di Mahad al-Jami’ah IAIN Ambon dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar membaca al-Qur’an mahasiswa kelas C1 di Mahad al-Jamiah IAIN Ambon?. Maka tujuan penelitian adalah, sebagai berikut yakni untuk mengetahui apa saja bentuk kesulitan belajar membaca al-Qur’an mahasiswa kelas C1 di Mahad al-Jami’ah IAIN Ambon dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar membaca al-Qur’an mahasiswa kelas C1 di Mahad al-Jamiah IAIN Ambon. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena di lapangan penelitian yang berhubungan dengan rumusan masalah yang telah dipaparkan. Subyek penelitian ini terdiri dari Mudirun Mahad al-Jamiah IAIN 1 orang, mahasiswa kelas C1 sebanyak 6 orang, dan Murobi’ah sebanyak 2 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini, adalah fenomenologi, yang merupakan penelitian yang didasari dari pengalaman subjek atau fenomenologikal yang dialami pada diri individu. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tiga bentuk, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk kesulitan belajar membaca al-Qur’an mahasiswa kelas C1 di Mahad Al-Jami’ah IAIN Ambon yaitu kesulitan dalam penyebutan huruf Hijaiyah sesuai makhrijul huruf dan juga kesulitan dalam membaca harakat atau tanda baca panjang pendek pada huruf Hijaiyah oleh mahasiswa.. Sedangkan Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar membaca Al-qur’an mahasiswa kelas C1 di Mahad al-Jamiah IAIN Ambon yaitu faktor malas belajar dari mahasiswanya sendiri dan faktor pembelajaran yang di terima berbeda-beda antara di Desa para mahasiswa dengan pembelajaran yang ada di Mahad al-Jami’ah IAIN Ambon itu sendiri. Karena pengaruhnya antara perbedaan pembelajaran al-Qur’an di Desa dan Mahad al-Jami’ah IAIN Ambon kepada mahasiswa yaitu susah untuk beradaptasi dengan metode pembelajarn baru, seperti misalnya mahasiswa yang sudah terbiasa dengan pembelajaran al-Qur’an di Desa, mereka susah untuk menyesuaikan cara pembelajaran tersebut dengan pembelajaran al-Qur’an yang ada di Mahad al-Jami’ah IAIN Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Hj. St. Jumaeda, M.Pd.I. / Eko Wahyunanto Prihono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Membaca, Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:44
Last Modified: 14 Dec 2023 01:44
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4140

Actions (login required)

View Item View Item