Nilai Nilai Pendidikan Multikultural dalam Interaksi Sosial di SMA Negeri 19 Seram Bagian Barat

Sitania, Indi Rahmawati (2023) Nilai Nilai Pendidikan Multikultural dalam Interaksi Sosial di SMA Negeri 19 Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan multikultural adalah proses pendidikan yang mengutamakan unsur perbedaan sebagai hal yang biasa, sebagai implikasinya pendidikan multikultural membawa siswa untuk terbiasa dan tidak mempermasalahkan adanya perbedaan secara prinsip untuk bergaul dan berteman dengan siapa saja tanpa membedakan latar belakang budaya, suku bangsa, agama, ras maupun adat istiadat yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai nilai Pendidikan multikultural dalam interaksi sosial yang terjadi di SMA Negeri 19 Seram Bagian Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni metode yang menghasilkan data dari orang-orang yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Mei sampai 24 Juni 2023 di SMA Negeri 19 Seram Bagian Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dan snowball sampling, informan penelitian ini tujuh belas orang yaitu tiga guru mata pelajaran, dua belas siswa kelas XI dan dua orang warga. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: nilai nilai Pendidikan multikultural yang ada pada siswa kelas XI di SMA Negeri 19 Seram Bagian Barat adalah nilai toleransi, demokrasi, kerja sama dan resolusi konflik. Implementasi dari nilai nilai pendidikan multikultural yaitu adanya rasa saling peduli, menghargai keputusan bersama, kerja sama serta akomodasi dalam menghadapi konflik. Sedangkan dampak dari nilai nilai Pendidikan multikultural dalam sisi positif yaitu adanya sikap terbuka, kebebasan berpendapat, tidak memberikan stereotip negatif, serta adanya perdamaian sedangkan untuk sisi negatifnya masih adanya sikap egoisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nurlaila Sopamena, M.Pd / Saddam Husein, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Pendidikan Multikultural, Interaksi Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:03
Last Modified: 14 Dec 2023 03:03
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4148

Actions (login required)

View Item View Item