Analisis Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Melalui Program Magang (Studi Kasus Mahasiswa Magang di FITK IAIN Ambon)

Tendu, Riska Yanti (2023) Analisis Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Melalui Program Magang (Studi Kasus Mahasiswa Magang di FITK IAIN Ambon). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Kompetensi merupakan pengetahuan, perilaku, dan keterampilan yang dimiliki seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Program magang merupakan proses seseorang dapat mengembangkan potensi dalam dirinya melalui praktek dan pelatihan secara nyata di bawah bimbingan dan pengawasan untuk bisa menjadi seseorang yang profesional. Pada kompetensi guru telah dirumuskan terdapat empat kompetensi yang tercantum dalam Penjelasan Peraturan Undang – Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat kompetensi dan upaya – upaya yang dilakukan mahasiswa melalui kegiatan program magang III FITK IAIN Ambon. Metode yang digunakan adalah studi kasus deskripsi secara kualitatif. Sampel sebanyak 25 mahasiswa terdiri dari prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Agama Islam, Tadris Ipa, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan maka mahasiswa memiliki kompetensi pedagogik yakni mampu merancang perangkat pembelajaran dan menerapkan keterampilan dasar mengajar, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan mampu melakukan evaluasi untuk melihat ketercapaiannya tujuan pembelajaran. Pada kompetensi profesional mahasiswa mampu menguasai materi dan bidang keilmuannya, kesesuaian kompetensi dasar dan standar kompetensi, memvariasikan teknik mengajar, dan mengembangkan materi. Tetapi dalam penggunaan teknologi terlihat masih kurang. Dalam upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensinya yaitu melalui peran guru pamong yang sangat penting, mempelajari teknik mengajar melalui jurnal – jurnal, artikel, buku, dan referesi lainnya serta melakukan supervisi dialog dengan para guru senior yang lebih berpengalaman. Maka, kompetensi mahasiswa pada program magang III ini cukup baik karena mampu memenuhi indikator dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional melalui upaya – upaya yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Surati, M.Pd. / Zamrin Jamdin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Mahasiswa, Program Magang.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Dec 2023 00:11
Last Modified: 15 Dec 2023 00:11
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4153

Actions (login required)

View Item View Item