Pendampingan Anak Hiperaktif dalam Belajar Melalui Pendekatan Humanistik pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Madinah Ambon

Iskandar, Yunda A. (2023) Pendampingan Anak Hiperaktif dalam Belajar Melalui Pendekatan Humanistik pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Madinah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendampingan yang guru lakukan dalam membina anak hiperaktif, dan mengetahui model pendampingan yang guru gunakan dalam mendampingi anak hiperaktif pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Madinah Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlandaskan fenomena sosial yang peneliti temukan di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki tiga metode dalam mendampingi anak hiperaktif yaitu memberikan pendekatan humanistik, selalu memberikan apresiasi atau respon yang baik terhadap anak hiperaktif ketika mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, dan memberikan bimbingan dalam proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran. Selain itu, model pendampingan yang guru gunakan pada anak hiperaktif berupa pendekatan secara individu, mengetahui alas an atau latar belakang yang menyebabkan peserta didik menjadi hiperaktif, dan guru juga memberikan tugas khusus pada peserta didik ketika mengalami kendala dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Moh. Rahanjamtel M.Th.I / Hayati Nufus, M.A.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Anak Hiperaktif, Pendekatan Humanistik.
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:29
Last Modified: 19 Dec 2023 03:29
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4170

Actions (login required)

View Item View Item