SKRIPSI_Peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA Negeri 11 Ambon

Etjo, Sriwulan (2024) SKRIPSI_Peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA Negeri 11 Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL - DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA Negeri 11 Ambon, bagaimana cara guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik dan apa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA Negeri 11 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Penelitian ini dimulai dari tanggal 29 Mei sampai dengan 29 Juni 2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Ambon. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display), dan kesimpulan data (verivication). Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik adalah: mempersiapkan perangkat pembelajaran, menjadi konselor, menjadi teladan, mengawali proses pembelajaran dengan membaca Al-qur’an, dan pembiasaan beribadah. Faktor pendukung adalah: fasilitas dan pihak sekolah, sedangkan faktor penghambat adalah: kurangnya komunikasi. Hasil dari fokus penelitian peran guru PAI ditemukan kesimpulan bahwa dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik, guru perlu melakukan peran sebagai pendidik dan pengajar. Pada prinsipnya, dukungan pihak sekolah sangat membantu dalam memaksimalkan peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. Kurangnya komunikasi yang dibangun antara guru, peserta didik dan pihak sekolah dapat menghambat pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. H. Muhaijir Abdurrahman, M.Pd.I - Pembimbing II : Moksin Kaliky, M.Pd.I
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:42
Last Modified: 24 Jul 2024 06:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item View Item