Keliata, Fatma (2023) Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
Text
COVER.pdf Download (590kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (538kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (594kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (433kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul IPA berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Ambon dan untuk mengetahui kualitas modul IPA berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yakni define (pendefinisian), design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Ambon. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi modul, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dinyatakan sangat valid dari ahli materi dengan persentase 90%, aspek media sangat valid dengan persentase 95% dan aspek bahasa sangat valid dengan persentase 84%. Uji kepraktisan dengan persentase mencapai 97% dengan kriteria sangat praktis. Hasil respon siswa terhadap modul dan kegiatan pembelajaran dengan rerata total 94% dengan kriteria sangat positif. Hasil tes post-test mencapai 84% dengan tafsiran efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan layak diujicobakan dalam proses pembelajaran di SMP Muhammadiyah Ambon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Corneli Pary, M. Pd. / Pembimbing II : Janaba Rengiwur, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 03:10 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 03:10 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4561 |
Actions (login required)
View Item |