Asmarani, Dewi (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Tehadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Ipas pada Peserta Didik Kelas IV di Mit As Salam Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (708kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (594kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V-DAPUS.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPAS dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan di MIT As-Salam Ambon dengan jumlah peserta didik 56 orang, dan dilaksanakan pada tahun 2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan Data meliputi tes dan non tes berupa soal pilihan ganda dan essay pretest-posttest, observasi kemampuan berpikir kreatif, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif meliputi: analisis statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian skor rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol adalah 58.04 dan 54.32. Skor rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 92.18 dan 71.50, dan skor nilai rata-rata observasi kelas eksperimen dan kontrol adalah 87.32 dan 68.43. nilai posttest pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis varians dua jalur (two way anova) pada hasil belajar dan hasil kemampuan berpikir kreatif adalah 0.00 < 0.05 dan 0.00 < 0.05. disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPAS dan hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol. Maka model discovery learning lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, S. Pd., M. Pd / Pembimbing II : Iga Ayu Intan Candra, S, Pd., M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning Berpikir Kreatif Hasil Belajar |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 05:12 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 05:12 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |