Kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru Honor Serta Implikasinya Terhadap Mutu Pendidikan (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian Timur)

Kelirey, Ahnal Eriana (2024) Kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru Honor Serta Implikasinya Terhadap Mutu Pendidikan (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian Timur). Tesis thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru honor di Kabupaten Seram Bagian Timur. Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru honor di Kabupaten Seram Bagian Timur. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 5 Februari sampai dengan tanggal 5 Maret 2024 di Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian Timur, SMP Negeri 4 Seram Bagian Timur, SMP Negeri 40 Seram Bagian Timur, SD Negeri 2 Bula, dan SD Negeri 8 Bula. Subjek dalam penelitian ini adalah Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian Timur, Kepala sekolah SMP Negeri 4 Seram Bagian Timur, Kepala Sekolah SMP Negeri 40 Seram Bagian Timur, Kepala Sekolah SD Negeri 2 Bula, Kepala Sekolah SD Negeri 8 Bula dan 4 orang guru honor. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru honor di Kabupaten Seram Bagian Timur, yaitu (1) mengalokasikan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar 50% untuk pembayaran gaji guru honor, (2) Pemberian Tunjangan Khusus Guru (TKG) kepada guru honor yang tempat tugasnya termasuk ke dalam daerah khusus, dan (3) Kompensasi berupa insentif yang diberikan oleh satuan Pendidikan (sekolah). Faktor pendukung dan penghambat pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru honor di Kabupaten Seram Bagian Timur, yaitu: a. Faktor pendukung: (1) Alokasi anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS), (2) Tunjangan Khusus Guru (TKG), dan (3) Pemberian Insentif. b. Faktor penghambat:(1) Peraturan pemerintah terkait larangan pengangkatan guru honor atau sejenisnya oleh Gubernur, Bupati dan Walikota; dan (2) Keterlambatan Pencairan Anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Prof. Dr. Idrus Sere, M. Pd.I / Pembimbing II : Dr. Hj. Rustina N, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Guru Honor, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:37
Last Modified: 18 Jul 2025 06:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item