Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Imama Al-Hafidzh Kara Tri Lyagustina

Hentihu, Fitri Ramadhani (2025) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Novel Imama Al-Hafidzh Kara Tri Lyagustina. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah bagaimana nilai-nilai Pendidikan Islam yang terdapat dalam novel "Imama Al-Hafidzh" karya Tri Lygustina dan apa saja kelebihan dan kekurangan novel Imama Al-Hafidzh karya Tri Lyagustina. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan serta menganalisis dan mendeskripsiskan nilai-nilai Pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam novel Imama Al-Hafidzh Karya Tri Lyagustina dan untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan novel Imama Al-Hafidzh karya Tri Lyagustina. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Riesearch), dengan teknik pengumpulan data berupa: teknik dokumentasi dan teknik baca catat. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (content analys), kegiatan analisisnya mencakup: menelususri data, mengelompokkan data dan mencari makna. Hasil penelitian ini menunjukan adanya tiga nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Imama Al-Hafidzh karya Tri Lyagustina yaitu nilai akidah, nilai akhlak, dan nilai ibadah. Nilai akidah meliputi iman kepada Allah, iman kepada kitab Allah, iman kepada rasul Allah, iman kepada hari akhir, iman kepada qada dan qadar. Nilai akhlak meluputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama, dan akhlak kepada alam. Dari ketiga nilai akhlak tersebut terdapat indikator dari setiap nilai, yaitu: nilai akhlak kepada Allah terdiri dari, takwa, tawakal, Syukur, ikhlas, khauf, taubat, dan berdoa. Akhlak kepada sesama terdiri dari, kejujuran, adil, Tolong menolong (ta’awun), Amanah, memaafkan, mendoakan kerendahan hati (tawadhu’), adab bertamu, dan kasih sayang. Akhlak kepada alam terdapat menjaga kebersihan. Nilai ibadah terdapat dua yaitu ibadah mahdhah terdapat shalat farhdu dan shalat sunnah, yang kedua ibadah ghairu mahdhah terdapat dakwah dan menuntut ilmu. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa novel ini memiliki kelebihan dalam menyampaikan pesan nilai-nilai pendidikan Islam, diperkuat dengan kutipan dari Al-Qur’an dan Hadis, dan disajikan dengan bahasa yang rapi dan alur cerita yang terstruktur serta tingginya Antusiasme Pembaca terhadap Novel Imama Al-Hafidzh. Namun, terdapat beberapa kekurangan seperti penggambaran tokoh pendukung yang kurang mendalam, konflik yang terkesan berulang, dan pembaca yang cukup terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nurlaila Sopamena, M. Pd / Pembimbing II : Dr. Maimunah. M.A
Uncontrolled Keywords: Pendididikan Islam, Novel Imama Al-Hafidzh
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:50
Last Modified: 18 Jul 2025 06:50
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item