Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Mualaf di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an Al-Anshor Ambon

Melmambessy, Nurlin (2021) Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Mualaf di Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist bagi Mualaf di MA Tahfidzul Qur’an Al-Anshor Ambon dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung peranan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist bagi Mualaf di MA Tahfidzul Qur’an Al-Anshor Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 1 November sampai dengan 1 Desemdber 2019.. Subjek penelitian adalah 1 orang guru al-Qur’an Hadits dan 3 orang peserta didik perempuan (mualaf). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru al-Qur’an hadits dalam meningkatkan pemahaman bacaan al-Qur’an peserta didik MIA MATQ Al-Anshor Ambon, yakni; 1. Upaya guru al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman bacaan al-Qur’an peserta didik kelas XI MIA MATQ al-Anshor Ambon diantaranya: a. Pemahaman peserta didik mualaf di MATQ Al-Anshor Ambon sudah berlangsung dengan baik dengan adanya pembiasaan tadarus sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar. Pembiasaan ini akan melatih peserta didik untuk terampil membaca al-Qur’an sesuai ilmu tajwid. b. Guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode drill (latihan) dan metode diskusi. c. Guru adalah sumber belajar di MATQ al-Anshor Ambon, karena pengetahuan seorang guru adalah patokan dalam usaha memahamkan para peserta didiknya. Terdapat sumber belajar berupa buku yang terdapat di MATQ al-Anshor Ambon, baik berupa buku yang diberikan madrasah kepada peserta didik dan guru, maupun buku-buku yang terdapat di perpustakaan madrasah yang dapat dipinjam demi pemahaman peserta didik. 2. Terdapat faktor pendukung dan penghambat. a. Faktor pendukung diantaranya: 1) Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, 2) Peran aktif dari guru dan teman peserta didik dan 3) Fasilitas yang memadai. b. Faktor penghambat diantaranya: 1) Kurangnya kedisiplinan peserta didik, 2) Kurangnya alokasi waktu belajar dan 3) Kurangnya kesadaran orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Moh. Rahanjamtel, M. Th. I / Pembimbinng II : Dr. Yusuf A. Luhulima, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Guru Al-Qur’an Hadits Mualaf
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:29
Last Modified: 24 Jul 2025 02:29
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4667

Actions (login required)

View Item View Item