Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Materi Benda dan Kegunaanya di Kelas III SD Muhammadiyah Ambon

Alifah, Wajid (2024) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Materi Benda dan Kegunaanya di Kelas III SD Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
BAB V -LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik materi benda dan kegunaanya pada pembelajaran IPA di kelas III SD Muhammadiyah Ambon. Penelitian ini adalah penelitain dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Ambon yang berjumlah 89 orang. Sempel yang di ambil kelas III-A dan kelas III-B SD Muhammadiyah Ambon dengan menggunakan teknik Random Sampling yang jumlah 61 peserta didik yang terdiri dari dua kelas dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas III A (kelas kontrol) dan kelas III B (kelas eksperimen). Data dari penelitian ini di analisis dengan IMB SPPS Statistik 30. Instrument penelitian menggunakan metode tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Data di peroleh dari nilai awal (Pretest) sebelum perlakuan dan nilai akhir (posttest) setelah di berikan perlakuan. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan teknik setatistik dengan menggunakan uji t sampel independent samples test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran berbasis lingkungan dengan model konvensional atau ceramah yang di terapkan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen pada Pretest yaitu 64,22 dan Posttest yaitu 75,31 dan kelas kontrol nilai rata-rata pada Pretest yaitu 65,00 dan Posttest yaitu 67,59. Hasil uji hipotesis menunjukan thitumg lebih besar dari ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji regresi linear sederhana menunjuknan nilai 0,001, yang berarti ada perubahan setelah dilakukan perlakuan. Hal ini, menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pada pembelajaran berbasis lingkungan tehadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi benda dan kegunaanya di kelas III SD Muhammadiyah Ambon. Besarnya nilai korelasi / hubungan R yaitu sebesar 0,681. Dari output tersebut diperoleh kofesien determinasi (R square) sebesar 0,618, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variable bebas (Pembelajaran Berbasis Lingkungan) terhadap variable terikat (hasil belajar) adalah sebesar 61,8%. Interpretasi r membuktikan pengaruh model pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik berada pada interval kofesien yaitu 0,60-0,799 dan interpretasinya masuk kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahawa pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, M.Pd/ Pembimbing II : Sri Rahmadani Pulu, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Lingkungan dan Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:36
Last Modified: 24 Jul 2025 03:36
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item