Penerapan Strategi Pembelajaran Tipe Talking Stick Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Nasiri Kabupaten Seram Bagian Barat

Ramli, Nadia (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Tipe Talking Stick Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Nasiri Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan strategi pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi proses fotosintesis di kelas IV SD Inpres Nasiri?” Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Inpres Nasiri yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Inpres Nasiri pada materi proses fotosintesis mata pelajaran IPA. Hal ini di buktikan dengan jumlah peserta didik yang tuntas belajar pada tes awal (pre test) rata-rata kelas 43,60 % dari 21 peserta didik yang memperoleh nilai cukup 2 orang peserta didik atau (6,66 %), nilai kurang 11 orang peserta didik (48,00%) dan 8 orang peserta didik atau (36,66%) untuk kategori gagal. Setelah diberi tindakan pada siklus I jumlah rata-rata kelas meningkat menjadi 69,00 % dari 21 peserta didik,yang memperoleh nilai sangat baik 1 orang peserta didik atau (3,33%), nilai baik 12 orang peserta didik( 53,3%) dan nilai cukup 8 orang peserta didik atau (26,67%). Sementara pada siklus II rata-rata kelas meningkat sebesar 91,40 % dari 21 orang peserta didik,18 orang peserta didik atau (80%) dengan kategori nilai sangat baik dan 3 orang peserta didik atau (20 %) dengan kategori nilai baik dan tidak ada peserta didik yang gagal dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ridhwan Latuapo, M. Pd. I. / Pembimbing II : La Adu , M. A.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Talking Stick
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:41
Last Modified: 30 Jul 2025 02:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item